Syarat, Ketentuan dan Prosedur Donasi Alat Bantu Dengar

Syarat dan Ketentuan

Mempunyai bukti diri yang sah

Meliputi (bisa dipilih salah satu)

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP atau e-KTP), atau
  • Kartu Keluarga, atau
  • Akte Kelahiran

Donasi alat bantu dengar gratis ini ditujukan untuk mereka yang tidak mampu

Mengacu kepada istilah “fakir miskin” dan “orang tidak mampu”.

Definisi menurut UU Nomor 13 tahun 2011 menyatakan:
Fakir Miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan/atau mempunyai sumber mata pencaharian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan/atau keluarganya.
Orang Tidak Mampu adalah orang yang mempunyai sumber mata pencaharian, gaji, atau upah, yang hanya mampu memenuhi kebutuhan dasar.
yang layak namun tidak mampu membayar iuran bagi dirinya dan keluarganya.
Untuk untuk mem-verifikasi hal tersebut diatas, kami mensyaratkan calon kandidat Donasi alat bantu dengar harus memiliki pilihan dokumen sebagai berikut :
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), atau
  • Pemegang kartu BPJS PBI  (Penerima Bantuan Iuran), atau
  • Pemegang Kartu BPJS Kelas 3, wajib dilengkapi dengan SKTM, atau
  • Pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS),atau
  • Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP),atau
  • Pemegang Kartu JanKesMas ataupun JamKesDa.

Donasi ini ditujukan bagi mereka yang Mengalami Gangguan Pendengaran

Dibuktikan dengan hasil pemeriksaan pendengaran, pada klinik kesehatan pendengaran ataupun dokter spesialis telinga hidung dan tenggorok (THT).

Dokumen yang dibutuhkan adalah hasil Tes Pendengaran,  :

  • Audiometri, untuk usia remaja dan dewasa. atau
  • OAE, ABR, dan ASSR, untuk usia anak – anak.

 

Belum Terdaftar sebagai penerima donasi

Program ini berlaku hanya untuk mereka yang belum terdaftar sebagai peserta donasi dan program ini. hal ini untuk meberikan kesempatan kepada pihak lain agar bisa mempunyai kesempatan yang sama, dan menghindarkan terjadinya sindikasi yang akan merugikan dan merampas hak dari pihak yang belum pernah mendapatkan kesempatan.

Mempunyai Nomor Telepon yang mudah dihubungi dan tidak sering berganti nomor telepon

Untuk Memudahkan  komunikasi, evaluasi, dan memantau perkembangan, kami mensyaratkan setiap calon penerima donasi untuk mempunyai nomor telepon yang mudah dihubungi dan tidak berganti ganti nomor.

Karena kedepan untuk informasi garansi, layanan purna pasang (aftercare), terapi dan sebagainya kami akan kirimkan dalam bentuk SMS.

Prosedur

Mempertimbangkan segi kemudahan dan kepraktisan, serta memotong proses birokrasi, Kami hanya menerima pendaftaran melalui online saja di website ini.
krn sistem ini online, kami mohon untuk memperhatikan sbb :

  • Informasi yg dimasukan kedalam data base kami harus benar dan akurat.
  • Memberikan nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Kami tidak bertanggung jawab terhadap informasi yg salah, yg mengakibatkan tidak terverifikasinya pendaftar

Masa ini adalah masa menunggu, dimana setelah anda mendaftar, anda tidak akan langsung diverifikasi, karena kami harus melakukannya sesuai urutan pendaftar dan kota pelaksanaan donasi.

Hal yang anda bisa lakukan pada masa tunggu ini adalah melengkapi syarat pendaftarannya jauh jauh hari, sehingga ketika kami mengirimkan undangan untuk datang pada tahap 1 untuk menjalani verifikasi, semua syarat sudah ada
lengkap.

 

 

 

 

Pada Masa ini anda akan dihubungi baik ditelpon maupun melalui SMS, bahkan apabila tidak ada masalah pada data anda, dan dapat terverifikasi dengan baik, anda kan langsung menerima undangan berupa SMS.

Undangan SMS ini wajib anda tunjukan pada saat daftar ulang, dan saat akan memasuki area Donasi Alat Bantu Dengar.

Undangan SMS ini sebagai tanda bukti bahwa anda sudah teregistrasi dan terverifikasi, serta sebagai identitas keikutsertaan anda dalam program kami.

Lama waktu antara saat pendaftaran  online hingga menerima SMS undangan ini, tidak bisa ditentukan karena tergantung kepada Jumlah Peserta dan kota pelaksanaan donasi

Setelah menerima undangan melalui SMS, pastikan datang pada acara Tahap 1 ini, sesuai dengan tanggal dan waktu serta tempat yang sudah ditentukan.

Pada Tahap 1 inilah anda akan diminta :

  • Menunjukan SMS undangan, yang tertera nama sesuai dengan indentitas
  • Menunjukan berkas persyaratan (hanya menunjukan, kami tidak akan menyimpan)
  • Menandatangani beberapa Form pernyataan.

Kemudian di tahap 1 ini juga kami akan :

  • Melakukan interview mengenai data diri dan kondisi pendengaran
  • Melakukan Pemeriksaan kesehatan telinga
  • Melakukan Skrining Pendengaran dan Melakukan konfirmsi dengan hasil Tes Pendengaran
  • Melakukan proses cetak telinga
  • Memberikan Kartu Pengenal untuk mengambil alat bantu dengar pada tahap 2
  • Informasi mengenai tahap 2 selanjutnya

Nah tiba saatnya pada Tahap 2 yaitu Pemasangan ABD, pada Tahap 2 ini anda akan menerima undangan SMS kembali, Pastikan anda datang sesuai tanggal dan waktu yang sudah ditentukan, krn alat bantu dengar ini akan dipasangkan secara personal, Pihak yang menerima donasi harus datang sendiri dengan tidak diwakilkan, karena kesempatan ini hanya berlaku pada hari tersebut, sebagai informasi saja misi pemasangan ABD ini biasanya hanya kita lakukan dalam 1 hari saja.

Di  Tahap 2 ada dua perlakuan :

  1. Bagi Anda yang sudah teregistrasi dalam Tahap 1, ini kembali anda wajib menunjukan Undangan SMS, dan menunjukan kartu pengenal Starkey Hearing Foundation, untuk bisa masuk dalam area tahap 2, dan mendapatkan ABD.
  2. Bagi Anda yang belum teregistrasi, Anda Wajib menunjukan syarat syarat yang sudah ditentukan, kemudian diregistrasi apabila peserta yang sudah teregistrasi selesai secara keseluruhan, pihak panitia akan menentukan kapan peserta baru bisa diregistrasi pada tahap 2 ini, bahkan ada kemungkinan apabila peserta sudah memenuhi kuota dan ketersediaan alat bantu dengar tidak mencukupi, kami tidak akan menerima pasien baru pada tahap 2 ini, semua keputusan ini ada di tangan panitia dan tidak bisa dinganggu gugat.

Apa yang akan dilakukan di tahap 2 ini :

  • Setelah melalui proses penyesuaian berkas, berupa interview apakah ada perubahan pada data data tahap 1 yg lalu.
  • Kembali para kandidat penerima akan menjalani pemeriksaan kesehatan telinga.
  • Kemudian penerimaan earmold atau cetakan telinga, serta kami akan mengontrol kesesuaian earmold
  • Alat Bantu Dengar akan dipasangkan secara personal, sehingga wajib penenrima donasi harus datang sendiri. kemudian cara kami memasangkan ABD dengan menggunakan metode pemasangan WFA (Wide Frequency Average). Metode pemasangan in sangat berbeda dengan ABD yang dibeli secara regular.
  • Setelah Pemasangan Alat Bantu Dengar, anda akan dikumpulkan dalam satu grup untuk menjalani konseling dan pelatihan, tentang bagaimana melepas dan memasang ABD, cara merawat ABD, mengganti baterai, apa yang boleh dan tidak boleh dalam menggunakan ABD dan lain sebagainya.
  • Sesudah selesai konseling anda akan diberikan, paket penyimpan dan perawatan alat bantu dengar.

Setelah Tahap 2 ini selesai anda akan menerima

  • Blue pouch (kantong biru), sebagai paket perawatan dan penyimpanan ABD
  • Baterai beberapa pack
  • Kartu Peserta Donasi, sebagai indentitas anda di program ini (jangan sampai hilang)
  • Informasi no telpon pihak Coordinator setempat, apabila ada kesulitan anda dapat menghubungi pihak koordinator tersebut.

Tahap 3 ini adalah Aftercare, terdapat 3 macam aftercare

  1. Aftercare Telepon, pada aftercare ini kami akan menelpon anada untuk mengetahui kondisi anda setalah pemasangan ABD.
  2. Aftercare Service Center, dimana akan dilakukan secara terjadwal setiap 1 bulan sekali di kota yang melakukan tahap 2. infromasi jadwal dan lokasi akan diinformasikan di website ini, akun fanspage facebook SHF indonesia, dan SMS undangan. apabila kesulitan mengakses dan tidak memiliki akses ke internet, silahkan menghubungi no telepon yang terdapat di kantong biru yang diberikan pada saat tahap 2.
  3. Aftercare Sekolah, Kami akan melakukan kunjungan ke sekolah yang dimana murid sekolah tersebut mendapatkan Donasi dari program ini, untuk memastikan kondisi ABD dalam kondisi baik.

 

Dalam Program Aftercare ini, anda bisa melakukan

  • Klaim Garansi atas ABD donasi
  • Perbaikan ABD apabila mengalami kerusakan
  • Konseling
  • Pembagian dan pembelian Baterai.

Tahap 4 ini adalah lanjutan dari tahap selanjutanya (masih dalam tahap pengembangan di indonesia), berupa implementasi dalam kehidupan sehari hari. terdapat 2 program

  • Usia Sekolah, kami akan bkerja sama dengan pihak sekolah untuk memastikan donasi ABD ini dimanfaatkan semaksimal mungkin, meliputi membentuk kebiasan mendengar yang baik, penyesuaian sistem pengajaran pada orientasi mendengar.
  • Usia Produktif, Bekerjasama dengan pihak pihak lain dalam bursa kerja, dan peningkatan ketrampilan untuk para penerima donasi.

Formulir Pendaftaran online

X